RINGKASAN CERITA

THE TWO TOWERS

 

Pertama kali dipublikasikan: 1954

Jumlah halaman: 439  (tidak termasuk peta)

ISBN: 0 261 10236 2

DAFTAR ISI
(Klik link Buku untuk membuka ringkasan lengkap)

BUKU 3

01 Departure of Boromir

02 The Riders of Rohan

03 The Uruk-hai

04 Treebeard

05 The White Rider

06 The King of the Golden Hall

07 Helm's Deep

08 The Road to Isengard

09 Floatsam and Jetsam

10 The Voice of Saruman

11 The Palantir

 

BUKU 4

01 The Taming of Smeagol

02 The Passage of the Marshes

03 The Black Gate is Closed

04 Of Herbs and Steward Rabbit

05 The Window on the West

06 THe Forbidden Pool

07 Journey to the Cross-roads

08 The Stairs of the Cirith Ungol

09 Shelob's Lair

10 The Choices of Master Samwise


CATATAN SI BUYUNG

Buku

The Two Tower ini agak susah diresumekan. Kendala utama adalah alur yang maju mundur. Untung saja Tolkien memisahkan 2 kisah utama yang berbeda, antara perjalanan Frodo-Sam ke Mordor, dan Sisanya ke Rohan. Kalau ga, duh... pusing....

Bukunya sendiri ga tebal, cuma banyak sekali dialog yang rasanya ga bisa disingkat begitu saja. Dialog ini berisi informasi penting perihal perang besar Baik Vs Jahat. Jadi, pada resume buku 3 terlihat panjang (tapi tetap asik dibaca, dijamin dech!!!).

Perjalanan the Hunters memang seru abis. Di sini Tolkien dengan cantik lebih menggambarkan karakter masing-masing fellowship.

Buku empat juga keren. Lebih enak dibaca menurut saya ketimbang buku 3, karena alurnya lurus.

Kita juga bisa banyak tahu karakter Sam yang mulai memainkan peran vital di sini. Sementara Frodo makin terlihat bijak, Sam justru berkembang sifat beraninya.

Film

Menurut saya diantara 3 film LotR versi Peter Jackson, The Two Tower ini yang paling jauh dari buku. Ya syah-syah aja sich...

Film lebih menonjolkan perang Hornburg (yang entah mengapa namanya jadi Battle of Helm's Deep). Sementara di buku sendiri, walau perang itu sendiri dahsyat, lebih menonjolkan perjalanan masing-masing Fellowship, pengembangan karakter, dan juga informasi-informasi penting antara Evil Vs Good.

Filmnya sendiri memotong bab 407, 408, 409, dan 410. Bab-bab ini dipindahkan ke film the Return of the King.

Masih banyak perbedaan dengan buku, namun tu biasa. Namun, masih ada beberapa hal yang menurut saya membuat ga enak ditonton, diantaranya:

1. Pertemuan the Hunters dengan Eomer yang diusir dari Rohan, padahal itu Eomer cuma melakukan patroli rutin.

2. Eomer diusir karena melawan Grima. Sebenarnya Eomer dipenjara saja.

3. Wolf-riders menyerang rombongan pengungsi yang dipimpin oleh King Theoden, di sana Aragorn jatuh ke jurang. Tambahan skenario ini sempat bikin saya bingung, karena saya pikir sayalah yang salah baca buku (hahaha).

4. Ada Eowyn di Hornburg (ikut dalam rombongan King Theoden), padahal Eowyn tinggal di Edoras.

5. Kedatangan Elf-Lorien (kayaknya dipimpin Haldir) membantu Rohirim di Battle of Hornburg benar-benar gaya Holywood banget.

6. Si Arwen masih aja nongol seakaan-akan berperan sangat penting.

7. March to Isengard diputuskan mendadak oleh Treebeard ketika melihat bagian selatan Fangord dirusak Saruman. Padahal keputusan ini diambil dari Entmoot. Lagian, kok bisa sih tiba-tiba Ents bisa berkumpul begitu cepat mendengarkan teriakan Treebeard, mereka kan jalannya lambat.

8. Eomer datang bersama Gandalf dan menolong Theoden yang sedang mempertahankan Hornburg. Sebenarnya Eomer tetap disamping Theoden ketika Battle of Hornburg. Erkenbrand-lah yang datang memberi bantuan.

9. Faramir pingin juga cincin dibawa ke Minas Tirith, padahal Faramir ini bukanlah co ganteng murahan!

10. Frodo dan Sam dibawa ke Osgilliath, dan di sana Frodo bertemu langsung dengan Nazgul. Ini jelas ngaco! Perjalanan Frodo kan rahasia, kok ini malah ketahuan Nazgul berikut tatapan muka segala lagi. Harusnya kalau demikian, tidak susah bagi Sauron mendapatkan cincin itu.

 

isi sinopsis ini dimulai 25 Agustus 04  selesai 30 Agustus 04


SEJARAH PENG-UPDATE-AN

08/30/04 - Bab 405, 406, 407, 408, 409, 410; Buku 4 Selesai!!!

08/28/04 - Bab 401, 402, 403, 404

08/27/04 -  Bab 308, 309, 310, 311; Buku 3 Selesai!!!

08/26/04 - Bab 301, 302, 303, 304, 305, 306, 307

08/25/04 - Dimulai!

 

 

 

SINOPSIS SUPER SINGKAT

Fellowship pecah, Boromir tewas setelah bertarung dengan Uruk-hai Isengard. Merry dan Pippin diculik. Kelanjutan kisah ini dilanjutkan di buku 3.

Aragorn, Legolas, dan Gimli (the Hunters) setelah mengurus jasad Boromir memutuskan menyelematkan Merry dan Pippin. Dalam pengejaran mereka bertemu Riders pimpinan Eomer, yang baru saja menghancurkan satu grup Orcs. Eomer meminjamkan 2 kuda pada the Hunters.

Merry dan Pippin yang berada dalam grup orcs yang diserang Riders meloloskan diri dan lari ke hutan Fangord. Mereka bertemu Treebeard. Pertemuan ini menambah semangat Treebeard untuk merespons aksi Saruman yang merusak bagian selatan hutan Fangord.

The Hunters yang meneruskan pencarian Merry dan Pippin ke hutan Fangord bertemu Gandalf the White. Dari sana mereka ke Edoras menemui King Theoden, Lord of the Mark. Gandalf menyembuhkan Theoden yang dalam pengaruh racun Grima Wormtongue, yang secara diam-diam bersekutu dengan Saruman.

Theoden mempersiapkan Rohirim untuk menyambut 10.000 orang pasukan Saruman yang sedang menuju Hornbug di Helm's deep. Kemenangan akhirnya di tangan Rohirim, berkat bantuan the Hunters, Gandalf, dan Huorns.

Dalam waktu yang sama, Isengard diluluhlantakkan oleh Ents. Saruman dan Grima terkurung dalam Orthanc. Gandalf, the Hunters, Theoden, Eomer, dan pasukan kecil Riders mendatangi Orthanc. Disana the Hunters reuni dengan Merry dan Pippin

Gandalf mematahkan tongkat Saruman dan mengeluarkannya dari Wizard. Namun Saruman menolak pergi dari Orthanc. Saat itu Grima melontarkan batu bulat dari atas dan dipungut oleh Pippin.

Pada suatu kesempatan, Pippin diam-diam melihat batu ini yang tidak lain adalah Palantir. Dia bertemu Sauron, dan Sauron mengira the Ring-barrier ada di Orthanc. Gandalf terpaksa membawanya ke Minas Tirith karena Winged Nazgul sedang menuju Isengard.

Sementara itu, perjalanan Frodo dan Sam setelah meninggalkan rombongan diceritakan di buku 4. Makin dekat ke Mordor, makin kuat pengaruh The One Ring, Frodo terus berjuang melawan kekuatan itu.

Mereka bertemu Gollum dan berhasil "menjinakkannya". Gollum dijadikan penunjuk jalan ke Morannon, gerbang Mordor. Gollum membawa mereka ke Morannon, namun sangat tidak mungkin untuk menyusup lewat sana. Gollum mengusulkan jalan alternatif: celah Cirith Ungol. Frodo akhirnya sepakat.

Frodo dan Sam bertemu Faramir di Ithilien. Faramir secara cerdas mempelajari "tamu"nya ini, namun dengan gagah bisa melawan kekuatan the One Ring yang sudah menghancurkan kakaknya Boromir. Frodo dan Sam menaruh respek besar pada Faramir yang bersedia menolong mereka.

Di celah Cirith Ungol, Frodo dan Sam harus menghadapi makhluk jahat berwujud laba-laba, Shelob. Sam berhasil mengalahkan Shelob, tapi Frodo sendiri kena racun Shellob. Sam memutuskan melanjutkan Quest sendiri, sebelum akhirnya pasukan Orcs menemui Frodo dan menyatakan Frodo belum mati.

Frodo masih hidup, namun ditangkap musuh sementara Sam pingsan di depan gerbang Tower of Cirith Ungol.

TOKOH: (urutan berdasarkan munculnya dalam alur cerita)

  • The Hunter = sebutan untuk Aragorn, Legolas, dan Gimli ketika mengejar orcs yang menculik Merry dan Pippin. Oleh Rohirim mereka diberi nama Wingfoot karena kecepatan mereka mengejar (tanpa kuda) yang sangat luar biasa.

  • Rider = sebutan untuk Rohirim (orang2 Rohan) yang terkenal dengan menunggang kudanya

  • Eomer = (son of Eomund - Rohirim, Men) Kemenakan dari King Theoden, ikut langsung dalam beberapa perang penting di War of the Ring. Menjadi Raja Rohan menggantikan King Theoden yang gugur dibunuh Witch-king di Battle of Pellenor Field.

  • Saruman = (the White, Wizard) dulunya adalah the greatest wizard, supervisor Gandalf dan wizard lainnya sebelum akhirnya terkorup oleh the One Ring untuk menguasai Middle-earth.

  • Ugluk = (Uruk-hai) yang melayani Saruman, komandan penangkapan hafling di Parth Galen.

  • Grishnakh = (Uruk-hai) yang melayani Sauron, komandan orcs di Moria.

  • Treebeard = (Ent) ketua pelindung hutan Fangord, makhluk hidup paling tua yang hidup sampai jaman ke-3, dia memimpin para Ents di Fangord untuk menyerang Isengard dan menghancurkan barak Saruman di Orthanc.

  • Skinbark = (Ent) satu dari 3 Ents tertua, tinggalnya di lereng dekat Isengard. Orang-orangnya paling menderita karena Saruman

  • Leaflock = (Ent) satu dari 3 Ents tertua, karena udah capek sering tidur penuh satu tahun.

  • Bregalad = (Ent) tidak seperti Ents yang lain, Bregalad bergerak dan bicara lebih cepat.

  • The White Rider = gelar untuk Gandalf the White (setelah dia kembali dari kematian) yang mengendarai Shadowfax, lord of the horse yang bewarna putih bersih.

  • Winged Messanger = Nazgul dengan tunggangan burung raksasa.

  • Theoden = (son of Thengel, Rohirim, Men) Lord of the Mark, King of Rohan.

  • Hama = (Rohirim, Men) Kapten pasukan pengawal Raja Rohan.

  • Grima Wormtongue = (Rohirim, Men) Penasehat King Theoden, menjadi mata-mata untuk Saruman saat War of the Rings, yang meracuni tuannya sendiri demi memperlancar rencana Saruman melemahkan Rohirim.

  • Eowyn = (daugther of Edmound, Rohirim, Men) Lady of Rohan, adik dari Eomer.

  • Theodred = (son of Theoden, Rohirim, Men) anak tunggal King Theoden, bersama Grimbold dan Elfhelm mencoba mempertahankan Fords of Isen dari serangan Saruman pertama.

  • Ceorl = (Rohirim, Men) prajurit perang Erkenbrand.

  • Erkenbrand = (Rohirim, Men) Lord of the Westfold Rohan, komandan perang dalam perang kedua di Fords of Isen bersama Grimbold dan Elfhelm.

  • Gamling = (Rohirim, Men) Komandan Rohan di Helm's Deep, udah tua tapi jago berkelahi.

  • Easterlings = (Men) sebutan untuk manusia yang hidup dibagian timur Middle-earth. Secara sejarah mereka selalu menjadi musuh utama Free People (westerlings). Untuk mengalahkan Free People, mereka bersekutu dengan Mordor.

  • Haradrim = (Men) divisi Men yang tinggal di daerah paling selatan Middle-earth. Menjadi musuh sejarah Gondor, banyak pertempuran yang terjadi antara mereka. Saat War of the Ring, mereka memutuskan bersekutu dengan Sauron.

  • Faramir = (son of Denethor II, Gondorian, Men), adik Boromir, capten of Rangers of Ithilien. Saat Denethor II bunuh diri, dia menjadi Steward of Gondor terakhir, walau cuma sesaat karena pada saat itu Aragorn Elesar sudah "kembali" ke Gondor namun belum mau mengklem tahta.

  • Rangers of Ithilien = Pasukan Gondor yang bergeriliya di Ithilien untuk menganggu pasukan the Enemy yang melintas atau berada di Ithilien.

  • Denethor II = (Gondorian, Men) Steward of Minas Tirith pada saat War of the Ring. Gondor dipimpin oleh semacam presidium (steward) semenjak Earnur, the last king of Gondor, pergi ke Minas Morgul meladeni tantangan Witch-king duel satu lawan satu. Denethor II ini adalah ayah dari Boromir dan Faramir.

  • Shelob = (Creatures) makhluk berbentuk laba-laba raksasa yang menghuni lorong-lorong di celah Cirith Ungol. Anak dari Ungoliant, jenis Maiar yang berwujud laba-laba raksasa, menjadi sekutu setia Melkor menguasai Middle-earth.

  • Gorbag = (Uruk-hai) komandan patroli orcs dari Minas Morgul, menservis Nazgul.

  • Shagrat= (Uruk-hai) komandan orcs di Tower of Cirith Ungol

LOKASI: (urutan berdasarkan munculnya dalam alur cerita) - Lihat Peta untuk lebih jelas

  • Sungai Entwash = Sungai bersumber dari Hutan Fangord dan bermuara ke sungai Anduin.

  • Hutan Fangord = satu dari 2 hutan purbakala yang masih tersisa di jaman ke-3. Disanalah ras Ent bermukim.

  • Wellinghall = rumah Treebeard dalam hutan Fangord arah ke kaki Misty Mountain.

  • Endless Stair = tangga melingkar dari ruangan paling dasar Khazad-dum ke Menara Turin di salah satu puncak Misty Mountain bernama Zirakzigil.

  • Minas Tirith = Ibu kota Gondor, terletak di ujung timur White Mountains. Nama lamanya: Minas Anor.

  • Minas Morgul = Dibuat oleh Gondorian (orang-orang Gondor) di kaki pegunungan Ephel Duath, dekat dengan celah Cirith Ungol. Dulunya untuk mengintai Mordor sebelum Nazgul merebutnya (sejak itu nama lainnya adalah The Tower of Sorcery). Disanalah raja Gondor terakhir hilang setelah ditantang duel satu lawan satu oleh Witch King. Nama lamanya: Minas Ithil, Tower of the (Rising) Moon, Dead City.

  • Orthanc = Menara tinggi yang dibuat oleh orang-orang Gondor. Dulu diberikan pada Saruman untuk membantu Rohan, sebelum akhirnya Saruman memakainya sebagai barak pasukannya di jaman ke-3.

  • Isengard = Nama benteng melingkar tempat Orthanc berada. Dibuat oleh Numenorians untuk Gondor, tidak satupun yang bisa menghancurkan kecuali tanah isengard sendiri ambruk.

  • Edoras = Ibukota Rohan, disanalah Singgasana Lord of the Mark bertahta.

  • Gap of Rohan = celah antara ujung selatan Misty Mountains dengan White Mountains.

  • Golden Hall = Istana tempat singgasana King of Rohan bertahta (Meduseld).

  • Fords of Isen = daerah dimana sungai Isen dan jalan yang menghubungkan Gondor dengan Arnor bertemu. Terletak di Gap of Rohan.

  • Westwold = Daerah luas antara Edoras dan hutan Fangord.

  • Helm's Deep = perkampungan Rohirim dilembah utara White Mountains, dekat dengan Isengard. Perkampungan ini memiliki Helm's Dike dinding pertahanan terbaik di Middle-earth. Dibelakangnya ada goa-goa bawah tanah.

  • Hornburg = Kastil yang menjaga Helm's Deep.

  • Aglarond = goa-goa yang terdapat di belakang Helm's Deep, di bawah White Mountains. Gimli jatuh cinta pada goa ini ketika perang Hornburg terjadi.

  • Dol Baran = Barisan bukit paling selatan Misty Mountain, dekat dengan Fords of Isen.

  • Morannon = The Black Gate, gerbang utama Mordor.

  • Dead marshes = daerah rawa-rawa antara Emyn Muil dengan utara Mordor. Dulunya merupakan padang yang luas, tempat perang the Last Alliance Men & Elves versus Dark Lord Sauron di akhir jaman ke-2 dan menjadi kuburan bagi Elves, Men, dan Orcs yang gugur dalam perang tersebut. Dikisahkan, rawa-rawa ini berhantu sampai ribuan tahun sesudahnya.

  • Cirith Gorgor = Celah besar antara Ered Lithui (Ash Mountains, benteng alami Mordor di bagian utara) dengan Ephel Duath (Shadow Mountains, benteng alami Mordir dibagian barat, berbatasan dengan Gondor). Di celah ini Sauron membangun Morannon, dijaga oleh 2 menara kembar yang tinggi yang disebut Tower of Teeth.

  • Cirith Ungol = Celah melewati Ephal Duath (kayak Redhorn pass), di sisi timur Ephal Duath (jadi di bagian dalam Mordor) dijaga oleh Tower of Cirith Ungol.

  • Tower of Cirith Ungol = terletak tepat di ujung timur tempat celah Cirith Ungol berakhir. Menara yang dibuat oleh Gondor setelah menaklukkan Sauron untuk dipakai mengamati  celah Cirith Ungol. Saat Gondor melemah, menara ini diserang Sauron dan kemudian ditempati oleh orcs.

  • Harad Road = Jalan utama yang menghubungi Morannon dengan Harad

  • Harad = Wilayah selatan Middle-earth, (sepertinya terdiri dari) padang pasir. Orang-orangnya disebut Men of Harad (Haradrim). Sudah semenjak dulu menjadi musuh Gondor, dan bergabung dengan Sauron dalam War of the Ring.

  • Ithilien = celah di bagian timur wilayah Gondor antara sungai Anduin dan Ephel Duath. Dulunya banyak sekali perkampungan Men di sana di bawah kontrol Gondor, tapi semenjak Minas Ithil diambil Nazgul, wilayah ini kemudian menjadi sepi.

  • Henneth Annun = disebut juga the Window of the Sunset, salah satu tempat pengungsian Gondorian di Ithilien. Dijadikan markas tersembunyi oleh Rangers of Ithilien, karena posisinya terhalangi oleh air terjun di pegunungan Ephel Duath.

  • Cross-road = simpang empat antara Harad Road dengan jalan yang menghubungkan Osgilliath dan Minas Morgul.

  • Osgilliath = Ibu kota Gondor lama, namun sudah menjadi puing-puing karena perang tak berkesudahan dengan pasukan Nazgul.